Logo-fokus-ginding

Portal berita digital ini berada di bawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Barat, dengan operasional teknis harian dilaksanakan oleh Koperasi PWI Jabar.

Berdiri sejak 1 November 2012, FOKUSJabar.com adalah kanal informasi di Jawa Barat yang Kritis, Positif dan Etis, seiring kehadiran sekitar 1.400 anggota PWI Jabar yang umumnya siap mengabarkan informasi terdepan dari seluruh pelosok.

FOKUSJabar.com hadir bukan sekedar dengan kuantitas personel tadi, namun juga bertekad memberikan informasi terkini seputar Jabar yang penting, relevan dan bermanfaat.

Juga,akan menyajikan pelbagai informasi ringan yang beda, kreatif, dan mencerahkan guna menyeimbangkan kebutuhan informasi netizen (internet citizen).

Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, Jabar juga diproyeksikan akan memiliki netizen paling banyak.

Karena itulah, jejaring informasi yang terluas, terbesar namun bertanggungjawab menjadi pijakan FOKUSJabar.com. Hari ini, esok dan selamanya.

Akhirnya, Tujuh Desa Dimekarkan di Majalengka

Oleh: Asep Sutrisno

MAJALENGKA, FOKUS JABAR: Bupati Majalengka H. Sutrisno secara formal meresmikan pembentukan desa yang dimekarkan dari induknya Desa Gelok Mulya pemekaran dari Desa Banjaran Kec. Sumber Jaya, Rabu (5/12) sore.

“Pemekaran desa ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat,” kata Sutrisno dalam sambutannya.

Bupati Majalengka H. Sutrisno

 

Menurut dia, desa merupakan lembaga pemerintahan yang paling dekat dalam memberikan pelayanan, yang sekaligus kepanjangan tangan pemerintah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Terutama dalam mempermudah efektifitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang selama ini kerap dikeluhkan.

Bupati menambahkan, desa yang merupakan kesatuan hukum yang memiliki batas wilayah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, kalau tujuanya baik kenapa harus dipersulit.

“Setelah disahkanya desa baru ini, akan diisi pejabat sementara selama enam bulan, yang selanjutnya akan dibentuk pemilihan kepala desa tersebut,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun Fokus Jabar, Pemerintah Kabupaten Majalengka akan membentuk tujuh desa baru yang tersebar di 26 Kecamatan di Kabupaten Majalengka.

Ketujuh desa baru itu merupakan pemekaran dari induk desanya yang memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang sangat padat.

Nama-nama desa yang dimekarkan adalah Desa Cisalak merupakan pemekaran dari Desa Sukajadi, Kec. Lemahsugih. Lalu, Desa Dayeuhwangi pemekaran dari Desa Sadawangi, Kec. Lemahsugih.

Selanjutnya, Desa Lemahsugih merupakan pemekaran dari Desa Lemah Putih, Kec. Lemahsugih. Berikutnya, Desa Keramat Jaya pemekaran dari Desa Werasari, Kec. Malausma, dan Desa Mekarhurip pemekaran dari Desa Campaga, Kecamatan Talaga.

Dan dua desa lainnya berasal dari Kec. Sumber Jaya yakni Desa Pancaksuji pemekaran dari Desa Bongas Kulon serta Desa Gelok Mulya pemekaran dari Desa Banjaran. (MSU)

(MSU)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>