Logo-fokus-ginding

Portal berita digital ini berada di bawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Barat, dengan operasional teknis harian dilaksanakan oleh Koperasi PWI Jabar.

Berdiri sejak 1 November 2012, FOKUSJabar.com adalah kanal informasi di Jawa Barat yang Kritis, Positif dan Etis, seiring kehadiran sekitar 1.400 anggota PWI Jabar yang umumnya siap mengabarkan informasi terdepan dari seluruh pelosok.

FOKUSJabar.com hadir bukan sekedar dengan kuantitas personel tadi, namun juga bertekad memberikan informasi terkini seputar Jabar yang penting, relevan dan bermanfaat.

Juga,akan menyajikan pelbagai informasi ringan yang beda, kreatif, dan mencerahkan guna menyeimbangkan kebutuhan informasi netizen (internet citizen).

Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, Jabar juga diproyeksikan akan memiliki netizen paling banyak.

Karena itulah, jejaring informasi yang terluas, terbesar namun bertanggungjawab menjadi pijakan FOKUSJabar.com. Hari ini, esok dan selamanya.

2013, Unpad Buka Dua Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Oleh : M.Jatnika Sadili

BANDUNG, FOKUSJABAR.COM : Rektor Universitas Padjajaran, Ganjar Kurnia menegaskan kampusnya hanya akan menggunakan dua jalur penerimaan dalam penerimaan mahasiswa baru 2013 .

Yang pertama dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang di tahun ini tidak lagi melakukan kegiatan ujian tulis, namun menggunakan nilai raport atau prestasi siswa. Dengan kata lain SNMPTN 2013 hampir sama dengan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) beberapa tahun lalu.

Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang serempak dengan 61 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain se- Indonesia dengan ujian tulis.

“SNMPTN undangan, tidak hanya melihat pada prestasi siswa saja. PTN juga melihat pada prestasi sekolah, salah satunya dengan melihat prestasi dari alumni sekolah bersangkutan di PTN,” ujarnya dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, di kampus Unpad Dipatiukur, Kamis (13/12).

 

Unpad hanya buka dua jalur penerimaan siswa baru di tahun 2013. (Ilustrasi: Ghani Fatahilah)

Lebih lanjut, menurutnya, SNMPTN tahun ini para siswa merupakan lulusan tahun 2013 dan siswa harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) antara 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013.

Selanjutnya pada 1 Februari hingga 8 Maret 2013 merupakan proses pendaftaran untuk mengikuti SNMPTN. Proses seleksi akan berlangsung dari 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Pengumuman hasil seleksi akan keluar pada 28 Mei 2013. Selanjutnya pendaftaran ulang yang lulus seleksi dilakukan pada 11-12 Juni 2013.

“Karena SNMPTN basisnya raport, maka diharapkan kedepannya sekolah mengirimkan sejak awal data siswa ke PDSS. Karena penilaian secara menyeluruh akan dilaksanakan di PTN masing-masing dengan menggunakan kriteria penilaian umum yang disepakati dan kriteria khusus masing-masing dari setiap PTN,” pungkasnya. (MSU)

5 Responses to 2013, Unpad Buka Dua Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>