Logo-fokus-ginding

Portal berita digital ini berada di bawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Barat, dengan operasional teknis harian dilaksanakan oleh Koperasi PWI Jabar.

Berdiri sejak 1 November 2012, FOKUSJabar.com adalah kanal informasi di Jawa Barat yang Kritis, Positif dan Etis, seiring kehadiran sekitar 1.400 anggota PWI Jabar yang umumnya siap mengabarkan informasi terdepan dari seluruh pelosok.

FOKUSJabar.com hadir bukan sekedar dengan kuantitas personel tadi, namun juga bertekad memberikan informasi terkini seputar Jabar yang penting, relevan dan bermanfaat.

Juga,akan menyajikan pelbagai informasi ringan yang beda, kreatif, dan mencerahkan guna menyeimbangkan kebutuhan informasi netizen (internet citizen).

Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, Jabar juga diproyeksikan akan memiliki netizen paling banyak.

Karena itulah, jejaring informasi yang terluas, terbesar namun bertanggungjawab menjadi pijakan FOKUSJabar.com. Hari ini, esok dan selamanya.

Telat Empat Bulan, Bidan Desa di Ciamis Resah

Oleh: Pepi Irwan Setiawan

CIAMIS,FOKUSJabar.com: Bidan Desa di Kecamatan Cihaurbeuti mengeluhkan dana Jampersal (Jaminan Persalinan) tahun ini belum cair.

JAMPERSAL 1

 

Bidan di Pondok Persalinan Desa (Polindes) Desa Sukamaju, Imas Nurhayati mengaku, sudah empat bulan dana belum cair. Tersendatnya pencairan dana, karena persyaratan pengajuan klaim berulangkali direvisi Dinas Kesehatan. Akibatnya, mereka harus berulangkali mengajukan persyaratan.

Dia tidak bisa berbuat banyak. Sebab, bidan harus tetap menaati ketentuan dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Meskipun, lambatnya pencairan membuat pelayanan bagi masyarakat menjadi terhambat.

“Selama hal itu memenuhi persyaratan program Jampersal kita pasti akan melayani,” kata Imas.

Bidan Desa di Kecamatan Cipaku, Vira Nurhandayani menyebutkan, syarat untuk menggunakan fasilitas Jampersal, warga tinggal mengajukan KK dan KTP.

“Kemudian menandatangani kesepakatan akan mengikuti program Intra Uterine Device  (IUD) yang merupakan satu paket dengan Program Jampersal,” jelasnya. (JAT)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>