Minggu, 21 Desember 2014

Kabupaten Bandung Penghasil Kentang Terbesar di Indonesia?

Oleh: Adinar

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Kabupaten Bandung mengklaim sebagai produsen kentang terbesar di Indonesia. Kendati begitu, kebutuhan benih kentang jenis atlantis masih harus didatangkan dari luar negeri (impor).

Bupati Bandung Dadang M Naser mengaku bahwa setiap tahunnya, Kabupaten Bandung menghasilkan tak kurang dari 135 ton. Jumlah tersebut masih lebih tinggi dari penghasil kentang lainnya, seperti Dieng.

“Saat ini kami masih mencari solusi untuk benih atlantis ini. Kalau jenis lain, seperti granola sudah bisa diproduksi para petani benih kentang Kabupaten Bandung,” ungkap Dadang di sela acara Festival kentang di Lapangan Upakarti, Kamis (26/9).

Lebih lanjut Dadang menyebut bahwa Kabupaten Bandung dan sejumlah daerah penghasil makanan lainnya di Indonesia, akan mampu memasok bahan makanan ke daerah lainya.

“Saya pikir ironis jika saat ini bahan makanan masih impor. Indonesia, negeri agraris tetapi, buah-buahan, beras, tepung terigu, bahkan garam pun masih impor,” keluhnya.

Untuk diketahui, festival kentang di Lapangan Upakarti akan berlangsung hingga Sabtu (28/9) mendatang. Pada festival tersebut, dipamerkan produksi pertanian unggulan Kabupaten Bandung, seperti kuliner berbahan baku kentang. (LIN)

banner 468x60

Berlangganan

Untuk mengetahui informasi terbaru dari FOKUSJabar.com silahkan masukan email Anda disini

No Responses

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan